3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Menulis Artikel


Menulis adalah sebuah hobi yang dapat dijadikan sebagai profesi. Begitu pentingnya sebuah tulisan untuk peradaban. Sebab, segala informasi yang didapatkan manusia tidak lain berasal dari tulisan. Baik berupa buku maupun tulisan lainnya, seperti artikel. Semakin maju perkembangan zaman, semakin besar pula antusiasme untuk menggali informasi dari dunia digital. Sehingga begitu banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuat artikel-artikel yang berkualitas dan berisikan informasi yang bermanfaat. Namun, dalam menulis artikel ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar artikel yang ditulis memiliki kualitas sehingga dapat memuaskan pembaca. Berikut 3 tips menulis artikel yang berkualitas.

1. Judul
Hal utama yang perlu diperhatikan pada penulisan artikel adalah judul. Sebab, judul merupakan sebuah faktor yang sangat mendukung dari minat pembaca. Semakin menarik judul yang ditulis, semakin besar kemungkinan orang membaca artikel tersebut. Andaikata si penulis merupakan seorang penulis yang hebat dan artikelnya sangat berkualitas, namun karena judulnya kurang menarik maka artikelnya kurang laris atau tidak ada yang membaca. Sia-sia bukan? Jadi, usahakan menulis judul yang sifatnya persuatif sehingga menarik minat pembaca.
Baca juga: Menulis Bisa Kaya? Ini Buktinya! , Cara Membuat Esai yang Benar
2. Prolog
Dalam menulis artikel, hendaknya memberikan paragraf pendahuluan mengenai apa yang akan dibahas dalam artikel tersebut. Sebab, dengan diberikannya prolog maka akan membuat artikel lebih tertata strukturnya. Begitu banyak artikel yang tidak memerhatikan bahkan tidak memberikan kalimat atau paragraf pembuka sehingga menjadikan artikel sedikit rancu dan kurang terstruktur. Selain itu, pemberian prolog dalam pembuatan artikel juga dapat bermanfaat untuk menambah jumlah kata pada artikel tersebut. Karena semakin banyak jumlah kata dalam artikel, semakin menarik pula untuk dibaca. Dan, menunjukkan bahwa si penulis adalah orang yang berpengetahuan dan berwawasan luas.

3. Diksi
Diksi dapat diartikan sebagai pemilihan kata. Pada dasarnya, tulisan yang baik adalah tulisan yang berisi dengan kata-kata terbaik. Jika topik artikel sudah menarik, lantas pemilihan kata yang kurang tepat, maka nilai artikel tersebut akan berkurang dan akan kalah dengan artikel lainnya. Tidak lupa juga selalu menggunakan kata baku sesuai kaidah yang berlaku. Sebab, artikel adalah sebuah media informasi, jadi jika penggunaan kata baku saja sudah tidak benar, bagaimana ingin mengedukasi? Penilaian setiap orang mengenai artikel memang berbeda. Namun, penilaian yang pertama adalah dari diksi dan penggunaan kata baku. Jadi, perbanyaklah membaca sehingga memiliki pembendaharaan kata yang lebih banyak untuk modal menulis artikel yang berkualitas.

Penulis   : Maulana Affandi

Labels: