Motivasiku: Menulis Bisa Kaya? Ini Buktinya!



Banyak pertanyaan dan celetukan tentang profesi menulis yang menjadi polemik bagi setiap penulis baru atau calon penulis di Indonesia. Pertanyaan dan celetukan yang didapatkan oleh orang penulis umumnya mengenai hasil dari tulisannya tersebut. Sebagian orang menganggap, bahwa menulis tidak lain hanyalah sebuah hobi yang tidak bisa mendatangkan ketentraman secara finansial. Lantas dari pertanyaan dan celetukan yang menyesatkan tersebut, tidak sedikit dari calon penulis ataupun penulis junior mulai berpikir dua kali untuk terjun lebih dalam ke dunia literasi.

Semangat penulis yang sudah membara, tiba-tiba goyah dan luntur dengan pandangan miring sebagian orang tentang profesi menulis. Perlu diketahui, hal tersebut tidak benar! Faktanya, sudah banyak sekali orang yang sukses secara finansial maupun kebatinan dari profesi yang mulia ini, yaitu menulis. Pasalnya, menulis merupakan sebuah bidang profesi yang diistilahkan "Bekerja untuk Peradaban", tidak ada matinya dan tidak ada batasnya. Karya yang telah diciptakan, mampu memberikan ide-ide baru dan menciptakan pola pikir baru bagi peradaban yang terus berlanjut.

Jika masih ada penulis yang semangatnya mulai kendor karena pertanyaan dan celetukan sebagian orang tadi, simak fakta-fakta dari penulis hebat berikut untuk menumbuhkan motivasi diri agar tidak tersesat oleh ungkapan yang menyesatkan.

1. J. K Rowling
Nama J.K Rowling mendunia bukan karena kecantikan parasnya ataupun kelembutan sikapnya. Melainkan karya yang telah diciptakannya. Cerita fiksi terkenal berjudul "Harry Potter" mampu membawa J.K Rowling ke luar dari masa kelamnya. Pasalnya, sebelum ia menciptakan karya hebatnya itu, ia adalah seorang yang memiliki berbagai masalah, termasuk masalah finansial. Disebutkan oleh berbagai media, bahwa J.K Rowling merupakan orang yang dilanda kemiskinan dulunya. Namun, setelah karyanya yang berjudul "Harry Potter" berhasil dirampungkan, kehidupannya seakan berbalik. Banyak yang mengatakan jika ia sempat menjadi wanita terkaya di dunia karena karya sastranya. Ditelisik dari beberapa sumber, total kekayaan J.K Rowling saat ini mencapai Rp 251 miliar! Jumlah yang sangat fantastik.

2. Andrea Hirata
Penulis kelahiran Bangka Belitung ini merupakan penulis yang mampu membawa dirinya sukses secara finansial dengan karya-karyanya. Sebuah karyanya yang sangat fenomenal adalah "Laskar Pelangi". Sebagian orang Indonesia pasti mengetahui novel ini. Begitu larisnya, sampai-sampai novel ini diangkat menjadi sebuah film dan disaksikan oleh seluruh pasang mata di Indonesia. Dilansir dari beberapa sumber, keuntungannya dalam menulis novel "Laskar Pelangi" diperkirakan mencapai angka Rp 3,6 miliar!

3. Raditya Dika
Siapa yang tidak kenal dengan penulis dan komedian yang sudah sering muncul di layar kaca ini? Ya, Raditya Dika merupakan seorang seniman yang memulai karirnya sebagai penulis di blog. Kemampuan menulisnya lantas dituangkan ke dalam buku, alhasil ia mampu menciptakan beberapa karya sastra yang mendapatkan antusias positif dari kalangan remaja di Indonesia. Adapun beberapa karyanya, yaitu : Kambing Jantan, Marmut Merah Jambu, Manusia Setengah Salmon, Cinta Brontosaurus, Koala Komal, dan masih banyak lagi karyanya. Dikutip dari beberapa sumber, penghasilan yang diraup Raditya Dika dari profesi menulisnya mencapai Rp 800 juta!

4. Dee Lestari
Penulis buku "Supernova" ini merupakan penulis yang masuk dalam kategori penulis papan atas. Sebab, banyak karya-karya sastranya yang sangat indah dan mendapat antusias besar dari setiap golongan di Indonesia. Selain "Supernova", ada sebuah karyanya yang mampu merajai industri buku pada masa itu, yaitu "Perahu Kertas". Bahkan novel fenomenalnya tersebut sampai difilmkan oleh rumah produksi yang sudah memiliki kredibilitas tinggi. Selain menulis buku, Dee Lestari juga kerap menulis lagu dan dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi papan atas. Dari beberapa sumber, dikatakan penghasilan yang berhasil diraup oleh Dee Lestari mencapai Rp 1 miliar!

Di atas merupakan beberapa penulis yang mampu membuktikan bahwa profesi menulis mampu mendatangkan kesuksesan secara finansial. Selain mereka, masih sangat banyak penulis lain yang berhasil meraup untung bergelimang dari karya sastranya. Jadi, jangan pernah patah semangat karena cibiran yang menyesatkan. Semoga artikel ini dapat memotivasi dan menumbuhkan gairah menulis bagi siapapun.


Penulis : Maulana Affandi

Labels: