Bagaimana Cara Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor?



Setelah membahas perbedaan penerbit minor dengan penerbit mayor pada artikel sebelumnya, kali ini saya akan membahas bagaimana cara menerbitkan buku di penerbit mayor. Penerbit mayor merupakan sasaran utama bagi penulis yang baru saja merampungkan naskah tebalnya (fiksi ataupun non-fiksi). Sebab, dengan menerbitkan buku di penerbit mayor, banyak profit yang diterima oleh penulis jika dibandingkan dengan menerbitkan buku di penerbit minor. Namun, naskah yang telah dirampungkan tadi tidak semudah itu mampu menembus bangku editor. Sebab, editor yang bekerja pada perusahaan penerbitan mayor, merupakan editor pilihan yang benar-benar ahli dalam ilmu kesusastraan.

Akan tetapi, ada prinsip-prinsip dasar mengenai kriteria tulisan yang akan membantu penulis agar mampu mematahkan kerasnya seleksi di bangku editor. Diantaranya adalah: Tulis subjek atau surat pengantar yang sopan, naskah yang berkualitas, ide konten yang fresh, naskah tidak rancu, tulisan sesuai kaidah EYD, kriteria naskah sesuai, dan tepat sasaran. Prinsip-prinsip tersebut dapat memudahkan bagi penulis untuk bisa lolos tahap seleksi.

Nah, jika beberapa prinsip tersebut sudah dipenuhi, maka waktunya bagi penulis untuk mengirim naskah tersebut ke penerbit impiannya. Perlu diketahui juga, dulu hampir semua penerbit mayor hanya menerima naskah untuh yang dikirim via pos. Namun, seiring perkembangan zaman dan untuk memudahkan penulis, penerbit mayor menyediakan surel bagi setiap penulis yang ingin mengirim naskahnya. Setelah naskah terkirim, penulis harus sabar menunggu antara 3-5 bulan untuk keputusan diterima atau tidaknya naskah tersebut. Mengapa begitu lama? Sebab, setiap hari ada puluhan bahkan ratusan naskah yang masuk ke bangku redaksi yang siap untuk diseleksi.

Berikut beberapa penerbit mayor yang bisa dijadikan sasaran pengiriman naskah untuk para penulis.

1. Pro-U Media 
2.  Bentang Pustaka
3. Gagas Media
4. Grasindo
5. Erlangga
 6. Bukune
 7. Media Kita
 8. Agromedia
9. Tiga Serangkai
 10. Stiletto

Nah, beberapa penerbit di atas merupakan penerbit mayor yang siap menerbitkan naskah penulis dan didistribusikan ke seluruh toko buku di pelosok Negeri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua penulis yang berkeinginan naskahnya diterima oleh penerbit mayor.

Penulis   : Maulana Affandi

Labels: